Pembangunan Masjid Attaqwa 18 Juli 2022

Pembangunan Masjid Attaqwa 18 Juli 2022
Pembangunan Masjid Attaqwa 18 Juli 2022

Saturday, April 15, 2023

Mabit RTAG Semarak Ramadhan#3 Masjid Besar At Taqwa Gabugan

 MABIT  ( Malam Bina Iman dan Taqwa )

Rumah Tahfidz At Taqwa Gabugan

Materi Tadabbur Al-Qur'an

Malam ini bertepatan dengan malam yg ke 25 santri / santriwati RTAG mabit bersama. Adapun kegiatan sudah dimulai dari sore hari bada asar. Dimulai dari pendirian dome / tenda bersama,  iftar bersama, sholat berjamaah, sholat tarawih, tadabbur Al- qur'an, tidur, tahajjud, sahur, tilawah hingga beres2 utk persiapan pulang. 


Kegiatan tadabbur malam hari ini di isi oleh dr. Anton membahas pengamalan seputar iqra / membaca. Wahyu pertama yg di Terima oleh nabi muhammad SAW di dalam surat Al - 'Alaq. 


Menariknya santri / santriwati di pahamkan apa arti dari membaca. Tdk hanya membaca buku saja namun bagaimana bisa membaca kondisi di sekitar yg akhirnya bisa mengerakan atau melakukan suatu tindakan yg bermanfaat tentunnya. 


Sebagai contoh= ketika dirumah melihat ibu sibuk bekerja beberes rumah maka dgn iqra tadi muncul tindakan utk membantu. Satu ayat yg memiliki banyak makna yg bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari - hari. 


Tak hanya itu bagaimana pemateri juga menyampaikan pentingnya membaca, memupuk kesadaran utk meningkatkan minat baca bagi para santri. Membaca adalah jendela dunia, dengan membaca wawasan menjadi luas, pikiran lebih terbuka. Begitu sebaliknya ketika minat baca rendah resiko yg diterima adalah kebodohan, tdk berkembangnya diri. 


Di akhir acara utk menguji konsentrasi para santri / santriwati diminta utk menceritakan kembali materi yg di berikan dengan di berikan reward / doorprize yg sudah disiapkan panitia. 


Semoga adik2 santri / santriwati RTAG dimudahkan oleh Allah SWT  dalam menghafal, mentadabburi, serta mengamalkan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari - hari. 



0 comments:

Post a Comment