Pembangunan Masjid Attaqwa 18 Juli 2022

Pembangunan Masjid Attaqwa 18 Juli 2022
Pembangunan Masjid Attaqwa 18 Juli 2022

Friday, May 8, 2020

Tips Puasa Pertama Kali untuk Anak yang Baru Memulai


Tips Puasa Pertama Kali untuk Anak yang Baru Memulai

       Mengajarkan anak untuk puasa menjadi tantangan bagi orangtua. Pasalnya, ada sebagian anak yang tidak mau untuk menjalankan puasa dengan alasan tidak kuat harus menahan haus dan lapar. Kondisi tersebut membuat Anda sebagai orangtua perlu mencari cara untuk mengatasinya.
       Cepat atau lambat, orangtua memang harus membiasakan anaknya untuk berpuasa. Pasalnya, puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim di setiap bulan Ramadan.
Anda bisa menerapkan tips berikut ini untuk mengajarkan si kecil berpuasa.

1. Memberitahu Makan Berpuasa
    Melatih si kecil berpuasa dapat dimulai dengan menjelaskan apa itu puasa, bagaimana melaksanakannya serta makna yang terkandung. Anda bisa menceritakan hal-hal ringan yang mencakup keseluruhan tentang puasa. Pengalaman menarik saat Anda kecil juga bisa ditambahkan.
Hal ini dilakukan untuk memancing rasa penasaran anak terhadap puasa dan menimbulkan keinginannya untuk menjalankannya. Sebaiknya pengenalan ini dilakukan sebelum bulan Ramadan datang.

2. Sediakan Menu Sahur & Berbuka Kesukaan nya
    Anda bisa menyajikan beragam menu kesukaan si kecil saat sahur ataupun berbuka. Hal ini tentunya akan membuat anak menjadi senang dalam menjalankan puasa.
Tetapi, Anda tetap perlu memperhatikan kandungan nutrisi dari makanan tersebut. Anda juga bisa menambahkan  makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum dan kacang-kacangan. Fungsinya agar anak Anda tetap prima saat siang hari karena asupan tersebut dapat bertahan lebih lama di tubuh dan membuat tidak cepat lapar.

3. Tidak Memaksa untuk Langsung Puasa Penuh
    Jika si kecil sudah mengeluh lapar atau haus, Anda bisa mengalihkan perhatiannya dengan mengajak bermain. Ini akan membuat anak menjadi lupa dengan rasa lapar. Namun, apabila anak tetap ingin berbuka meski belum waktunya, Anda tidak bisa memaksanya untuk melanjutkan puasa.
    Anda juga perlu memberikan kelonggaran dalam berpuasa agar anak tidak akan merasa terbebani. Hal terpenting yang perlu Anda sadari bahwa anak belum memiliki kewajiban penuh untuk puasa.
Jika anak sudah mau mengenal dan menjalankan puasa meski belum sepenuh waktu, Anda patut berbangga. Seiring bertambahnya usia akan meningkatkan kualitas puasa anak, dari setengah hari menjadi sepenuh waktu.

4. Berikan Reward (Hadiah)
    Anak kecil mana yang menolak hadiah?hampir semua orang,tidak hanya anak kecil akan senang jika diberi hadiah. Berikan motivasi si kecil saat menjalankan puasa dengan memuji pencapaiannya, terlepas dari berapa jam anak sudah puasa. Dengan begitu, anak akan tambah bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa lagi.
Selain itu, Anda juga tidak perlu ragu untuk memberikan hadiah saat anak sudah berhasil menunaikan puasa penuh dalam waktu yang berturut-turut.


1 comment: