Pembangunan Masjid Attaqwa 18 Juli 2022

Pembangunan Masjid Attaqwa 18 Juli 2022
Pembangunan Masjid Attaqwa 18 Juli 2022

Monday, August 27, 2018

Idul Adha: Momentum untuk Berbagi dan Bangkit


Sebagai salah satu hari raya Islam, Idul Adha bukan hanya menjadi ritual beribadah bagi umat muslim di dunia. Shalat Idul Adha yang dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban dengan berbagai tradisinya yang tidak merusak syariat yang ada, nyatanya mampu memberikan berbagai efek positif bagi masyarakat, seperti meningkatkan rasa gotong royong, membangun rasa saling peduli sertamenciptakan kesadaran bertenggang rasa yang ada di dalam masyarakat, bahkan bukan hanya antara sesama umat muslim saja.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam rangkaian kegiatan hari raya Idul Adha tahun 1439 Hijriah, Masjid Besar At Taqwa Gabugan mengadakan kegiatan shalat Id berjamaah di kompleks Masjid Besar At Taqwa Gabugan yang kemudian dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban. Pemotongan hewan qurban ini dilaksanakan pada hari yang sama dengan palaksanaan Shalat Id, hari Rabu, 22 Agsutus 2018 mulai dari pukul 08.30 sampai dengan sekitar pukul 14.00, berlokasi di area halaman Masjid At Taqwa Gabugan, dengan puluhan jamaah secara sukarela ikut berpartisipasi dalam proses penyembelihan, pemeliharaan daging hewan qurban, hingga pendistribusian daging qurban kepada 400-an kepala keluarga di sekitar Desa Gabugan.

Pada tahun ini, panitia pemotongan hewan qurban Masjid At Taqwa Gabugan menyembelih 6 ekor sapi dan 6 ekor kambing. Ke-12 hewan qurban ini merupakan sumbangan dari 48 jamaah, baik yang berdomisili di sekitar masjid maupun yang sudah merantau hingga ke luar pulau Jawa. Realita bahwa masih banyaknya perantau asal Desa Gabugan yang ikut berqurban di Masjid At Taqwa, merupakan hal baik yang memberikan semangat dan menumbuhkan keayakinan bahwa Masjid At Taqwa Gabugan mampu untuk terus berkembang menjadi Masjid yang memberikan pelayan terbaik bagi masyarakat, mampu menjadi pusat kegiatan umat, karena eksistensi masjid Gabugan merupakan eksistensi jamaahnya sendiri yang tetap peduli pada masjid yang dicintainya, Masjid At Taqwa Gabugan.

0 comments:

Post a Comment